--> ->
Kamis, 14 Januari 2016

Cara Menggunakan Solder Uap dan Harga

Cara Menggunakan Solder Uap

Dasar Elektronika dan Solder Listrik - Rubrik ini berguna untuk reparasi dalam menyolder komponen Elektronik dengan solder listrik dengan hembusan angin panas. Di sini kami membahas tentang Solder Uap Cody 850A Analog yang bisa kita gunakan untuk mencabut dan mematri komponen elektronika yang mungil.

Pengenalan dan Cara Kerja Solder Uap

Bagi anda yang berkecimpung dalam dunia montir mungkin solder portable ini bermanfaat bagi anda dalam memperbaiki peralatan elektronik. Solder uap ini bisa dibawa kemana-mana yang dilengkapi dengan tiga buah mata hot air gun. Produk ini sangat ringan dan murah, cocok untuk anda yang berprofesi sebagai teknisi.

Maksud Solder Uap/ Blower

Solder uap adalah teknik penyolderan menggunakan semburan tekanan udara yang panas yang bisa diatur tekanan angin dan temperaturnya.

Fungsi Penggunaan Solder Uap

Dalam melakukan perbaikan (repair) peralatan elektronik maka solder uap atau blower ini berfungsi untuk digunakan dalam mencabut serta memasang ulang kembali spart part komponen elektronik  berupa IC mungil SMD, resistor surface, condensator dan lainnya. Solder uap ini juga berfungsi sebagai drying atau untuk mengeringkan board elektronik misalnya pcb board handphone saat kemasukan air.

Solder uap analog adalah blower solder uap yang berfungsi untuk penyolderan. Solder blower ini  sangat cocok bagi anda yang bergerak dalam bidang montir. Solder uap ini dilengkapi dengan mata sembur blower sebanyak 3 unit dengan ukuran lubang sembur yang berbeda. Saat mencabut IC SMD kita memerlukan alat bantu berupa pinset agar timah tak melekat kembali saat kaki IC mulai meleleh.

Cara Pemakaian Solder Uap Portabel Analog

Cara pemakainnya sangat mudah, anda tinggal merubah posisi 'mata hot air gun' untuk kondisi kerapatan uap dan semburkan panasnya pada bagian peralatan elektronik yang akan anda solder. Kita perlu hati-hati dalam mengatur suhu saat anda mencabut spare part IC atau komponen elektronik lainnya.

Trik Menggunakan Solder Uap

Dalam pelaksanaan soldering menggunakan solder uap perlu menjadi perhatian bagi anda adalah dalam mengatur tekanan angin  yang keluar karena bila terlalu kencang (apalagi dengan suhu tinggi) akan mengakibatkan komponen elektronik yang mungil-mungil pada papan PCB akan tercabut. oleh sebab itu sebelum menyoroti dan menyeburkan uap panas ini ke komponen harus diseting dulu tekanan angin dan temperatur.

Gambar Solder Uap Portable analog

Berikut gambar solder uap merek Cody 850A
Solder uap Cody 850A Analog

Harga Solder Uap Cody 850A Analog

Harga Solder Uap Cody 850A ini berkisar Rp 400 ribu hingga 600 ribu-an. Coba cari harga yang lebih urah melalui beberapa situs. Bila tidak terdapat di daerah anda maka dapatkan barang ini di distributor atau situs online yang menjual barang ini.
Baca artikel berikut tentang Cara Mencabut dan Memasang Komponen Elektronik IC pada PCB dengan Solder Listrik
Penutup
Semoga halaman situs ini bisa menambah wawasan anda pada peralatan solder listrik model terbaru dan SCara Menggunakan Solder Uap dan Harga yang murah yang dipakai oleh anda sebagai teknisi yang membutuhkan penyolderan peralatan komponen elektronik.