--> ->
Kamis, 25 September 2014

Menyolder Komponen Jack Kabel Audio dengan Solder Listrik

Belajar Eektronika Dasar dan Solder Listrik - Tulisan ini merupakan ulasan dari apa yang saya pahami tentang dunia Elektronika khususnya audio. Orang yang bergelut di bidang ini harus pandai dalam hal menyolder. Kita harus bisa menghubungkan kabel ke konektor dengan cara menyolder kedua benda ini supaya bisa terhubung menggunakan solder listrik. Keseharian saya adalah sebagai Sound Operator/ Sound Engineering (Sound-Man) dan saya menekuni hobi Elektronika semenjak saya masih di Sekolah Dasar tak lepas dari yang namanya solder. Jarang ada orang yang memahami suatu keahlian mau memaparkan ilmunya ke publik, bisa jadi dia tidak mau membagi ilmunya ke publik, atau dia tidak bisa mengapresiasikan ilmunya di internet dalam hal menulis.

Pengenalan Komponen Elektronik

Kali ini saya ingin berbagi apa yang saya ketahui tentang dunia Elektronika, memberikan trik cara menyolder kepada sahabat yang belum paham. Setelah anda mengetahui bagaimana cara menyolder supaya nempel, baik itu menyolder pada PCB, menyolder kaki-kaki komponen Elektronika atau juga menyolder kabel, sekarang kita beralih pada cara menyolder kabel Jack Audio. Jack yang terhubung dengan kabel khusus ini berfungsi untuk menghantarkan sumber sinyal Audio berupa INPUT ke OUTPUT (I/O) target suara yang akhirnya bisa didengar oleh telinga kita. Jack ini adalah bagian dari peralatan Elektronika dan kita harus tahu dasar-dasar tentang pin/ kaki peralatan ini. Jack untuk Audio ini beragam bentuk dan nama, namun memiliki satu kegunaan yaitu menghubungkan sinyal input ke output dan output ke input, atau istilahnya I/O Connector. Rubrik ini mungkin berguna bagi para musisi (khususnya guitar player), Tehnisi Sound System rental dan juga para pecinta Elektronika. Di dalam Jack terdapat terminal/ kaki penghubung (urutan penomoran) untuk tempat penyolderan. Untuk memudahkan anda dalam memahami tulisan ini, maka saya beri panduan gambar untuk anda, gambar dan skema disini saya buatkan sendiri agar anda mudah mempraktekkan.

Macam-macam Jack/ Connector Audio

Sebelum kita ke permasalahan cara menyolder kabel audio, mari kita mengetahui macam-macam Jack untuk peralatan ini. Kita akan membahas konektor yang umum dipakai di dalam sound system. Setiap konektor tentu memiliki pasangan tersendiri, yakni Male dan Female.

#1. Jack RCA

Lihat gambar
Menyolder Peralatan Kabel Audio
RCA
Jack ini umum digunakan pada konektor Audio/ Video(AV) pada pesawat TV dan juga di sambungan audio mobil anda. Untuk penggunaan di pesawat TV biasanya pabrik memberi 3 kode warna, warna kuning untuk Video, putih dan merah untuk audio kiri dan kanan. Untuk koneksi dengan jarak yang panjang maka kabel dan Jack ini terjual terpisah, otomatis kita harus merakitnya/ menyolder terlebih dahulu.

#2. Jack TRS/ TS - Phono (Jack Phone)

Terdiri dari :
  • Jack TRS Balance (Stereo)
  • TS Unbalance (Mono)
  • Diameter ukuran 0.35cm (ukuran kecil) dan
  • 0.63cm (ukuran besar).
Jack ini umum dipakai untuk Mikrophone rumahan, seperti untuk Mikropon Karaoke (diameter 6.3mm). Jack ini juga terdapat di Headphone/ Handset untuk mendengarkan musik di telinga anda. Jack ini terdiri 2 fungsi Polarity yaitu Balance dan Unbalance. Jack TS Unbalance hanya terdiri dua kutub Polarity yaitu Pin (+) dan Sleeve/ Shield(Ground), orang menyebutnya Jack Phone Mono.
Sementara untuk konektor Balance terdiri Pin (+), Ring (-) dan Sleeve/Ground (Jack Phone Stereo). Perlu anda ketahui untuk Jack TRS Stereo(Balance) bisa difungsikan menjadi Polarity Unbalance, namun untuk TS (Mono) tidak bisa difungsikan menjadi Polarity Balance. Connector TRS/TS yang sering digunakan untuk klas standar rumahan adalah Jack Phone Unbalance seperti pada Mik di rumah anda. Coba simak keterangan gambar berikut.
Menyolder Peralatan Kabel Audio
Jack TRS Connection
Perlu saya tambahkan dari uraian di atas, koreksi gambar. Ada yang perlu anda ketahui bahwa Jack Phone Balance(Stereo) terdapat 2 ring, ini disebut TRS Jack, dan yang memiliki 1 ring (MONO) disebut TS Jack.

#3. Jack XLR

Jack XLR terdiri dari 2 jenis yaitu
- XLR/Male
- XLR/Female.
Karena bentuknya yang unik, orang menyebutnya dengan nama Connector Canon (Jack Canon). Jack ini terdiri dari 3 terminal input, yaitu;
- No.1 : Sleeve/ Shield/ Grounding
- No.2 : Input Output (I/O) Phase Positive (+)
- No.3 : Input Output (I/O) Phase Negative (-)

Gambar
Menyolder Peralatan Kabel Audio
Bentuk Jack XLR (Canon)

Cara penyambungan kabel Jack Audio dengan solder listrik

Anda bisa melihat cara penyambungan antar Jack dengan mengikuti urutan Nomor pada Terminal Conector ini. Untuk koneksi dengan Fase Balance anda bisa menyolder kabel Terminal No.1 Male terhubung dengan Terminal No.1 Female. Terminal No.2 Male terhubung dengan Terminal No.2 Female. Terminal No.3 Female terhubung dengan terminal No.3 Male. Kabel yang digunakan untuk membuat koneksi ini biasanya menggunakan Canare Cable yang di dalamnya terdapat 2 kabel I/O dan Kabel Pembungkus (kabel berserabut) yang berfungsi sebagai Shielding. Cocokkan warna kabel saat anda menyolder Jack ini. Kadang mereka berwarna biru/ merah dan satu lagi berwarna putih/ hitam. Kita bisa menyebutnya kabel audio isi 3 atau kabel Audio Ganda.

Untuk koneksi Fase Unbalance ada 2 macam cara yaitu menggunakan kabel audio isi 3 di atas dan menggunakan kabel audio isi 2 atau kita sebut Kabel Audio Tunggal. Coba lihat ilustrasi gambar berikut;
Menyolder Peralatan Kabel Audio
Anda bisa menghubungkan grounding bisa juga tidak, namun lebih bagus kalo dihubungkan. Pilihlah Kabel dan Connector yang berkualitas untuk mendapatkan hasil yang baik.

Pemahaman Elektronika Dasar Audio Mengenai Balance dan Unbalance

Bila anda menyukai bidang elektro maka anda harus paham tentang dasar elektronika yaitu pembacaan skema rangkaian dan juga mengenal berbagai komponen elektronik dengan kode warna dan urutan kaki yang terdiri dari polaritas positif dan negatif. Berikut ini Anda dapat melihat konfigurasi Phase Balance dan Unbalance di bawah ini. Saya mengajarkan pada anda melalui pembacaan skema. Fase audio Balance adalah pengiriman dan penerimaan sinyal audio melalui pengkabelan berupa 2 pase input, yaitu Positip dan Negatif.
Menyolder Peralatan Kabel Audio
Shield berfungsi sebagi penghantar Netral (nol). Pada unbalance terjadi pengiriman dan penerimaan sinyal hanya satu fase saja, dalam hal ini Positif.

Cara Menyolder Kabel dengan Connector

Berikut ini adalah cara menghubungkan kabel dengan Connector (jack). Ini berdasarkan penyambungan dengan sistem fase balance dan unblance.
Untuk koneksi Fase Balance saya biasa melakukan hal-hal sebagai berikut;
  1. Potong masing-masing ujung Kabel Audio (misalkan anda menggunakan Canare) sepanjang +/- 1 cm
  2. Rapikan ujung serabutnya dengan menggunakan ujung Probe Multitester. Kumpulkan menjadi satu rautan.
  3. Potong/ gunting benang yang ada di dalamnya.
  4. Kerat masing-masing ujung kabel ganda (berwarna) sepanjang 2mm.
  5. Siapkan Solder, solder ujung kabel ganda (berwarna) ini. "Perlu diperhatikan bahwa anda sudah cukup mahir dalam hal menyolder supaya rapi".
  6. Buka penutup Jack, solder Terminal/ kaki Penghubung dengan cara memberi sedikit timah pada semua kakinya.
  7. Solder kabel berserabut yang sudah anda rapikan pada Terminal No. 1. Karena anda sudah memberi timah pada terminal kaki sebelum tahap ini maka tidak usah menambahkan timah lagi.
  8. Dekatkan lalu solder ujung kabel audio berwarna merah/ biru pada Terminal No. 2, tidak usah menambah timah.
  9. Dekatkan lalu solder ujung kabel warna putih/ hitam pada terminal No. 3
Gambar
Menyolder Peralatan Kabel Audio
Anda bisa membalikkan urutan penyolderan tahap 7 - 8 dan 9, misalkan anda memulai dengan tahap 8 - 9 lalu 7. Lihat ilustrasi gambar berikut;
Menyolder Peralatan Kabel Audio

Saran dan Pengertian untuk Penyambungan Kabel yang Benar

Saya ada menjumpai permasalahan dari beberapa teman yaitu mereka bingung kenapa suara yang dihasilkan sound system tidak ada nada LOW saat mereka membunyikan Keyboard di perangkat Audio mereka. Saat itupun aku mendengar dari kejauhan dan tersenyum mendengar suara tersebut, aku sudah tahu permasalahan mereka walau aku belum melihat kondisi tersebut. Setelah kulihat ternyata mereka salah dalam menghubungkan kabel input untuk Mixer Audio mereka. Aku tahu bahwa mereka tidak mengerti tentang Input Phase dan Channel (Audio Kiri dan Audio Kanan pada Output Keyboard). Saat itu mereka membuat kabel untuk input Keyboard mereka menggunakan Jack Canon dengan persepsi mereka bahwa urutan kaki No.2 (Phase (+)) sebagai Jalur Kanan (R) dan kaki No.3 sebagai Jalur Kiri(L). Ini adalah pengertian yang salah besar. Anda harus paham tentang STEREO dan apa maksudnya. Stereo adalah masalah pendengaran kita yang saat itu terjadi Efek Simulasi Ruang Pendengaran yang seolah terdengar separasi dari kedua telinga kita. Anda dapat merasakannya saat anda mendengarkan musik melalui handset anda. Seharusnya saat mereka menghubungkan Jack Audio dari Keyboard ke Mixer cukup menggunakan Koneksi Unbalance, bisa menggunakan Jack TRS di Keyboard ke Jack TRS ke Mixer. Audio Kiri misalkan ke Channel 1 dan audio Kanan ke Channel 2, atau bisa juga dicolokkan serentak ke input Stereo pada Mixer (L dan R channel Input).

Penutup
Bagaimana, apakah sekarang anda sudah sering memegang solder anda. Anda harus banyak praktek agar anda lancar. Mungkin dalam artikel menyolder kabel audio dengan solder listrik dan ilustrasi gambar yang terdapat di sini terdapat kekeliruan, saya mohon maaf. Saya membuat gambar ini agar anda dapat memahami tentang cara menyolder dan menghubungkan terminal kaki konektor dengan kabel. Harapan saya semoga anda senang membaca dan membaca.

Baca rubrik berikut
Bila ada kritik, saran maupun pertanyaan saya akan sangat senang untuk meresponnya. Terimakasih sudah berada lama di situs saya. Nantikan artikel saya berikutnya melalui pertanyaan-pertanyaan dan saran dari anda. Kunjungi saya di media sosial google+. Beberapa informasi dan rubrik saya yang menarik tersedia di media tersebut yang mungkin anda perlukan.
Terimakasih atas kunjungan anda.