--> ->
Sabtu, 27 September 2014

Menyolder Flat dan Pipa Tembaga dengan Solder Listrik Berdaya Besar

Hallo Sahabat Belajar Eektronika Dasar dan Solder Listrik, selamat membaca dan menyimak artikel berikut ini tentang menyolder tembaga khususnya pipa tembaga. Untuk menyolder bahan logam berupa tembaga harus menggunakan solder listrik dengan daya yang besar. Mari kita lihat uraiannya berikut ini.
Menyolder Flat dan Pipa Tembaga
Simak uraian di bawah ini

Macam-macam Solder Listrik dan Peruntukannya

Menyolder bahan logam yang terbuat dari tembaga membutuhkan kapasitas daya solder yang cukup besar. Kita tidak bisa mendidihkan timah pada media tembaga dengan menggunakan daya solder yang cuma 30 Watt. Kita harus menggunakan Solder dengan kapasitas daya listrik di atas 300 Watt untuk mendapatkan titik leleh timah sehingga bisa mencair di tembaga. Kenapa kita tidak bisa menggunakan solder 30 W, karena titik didih dipengaruhi oleh ketebalan dan berat jenis logam terhadap suhu. Saat kita menempelkan ujung solder di logam tembaga ini maka coofisien suhu logam akan meredam suhu panas pada mata solder dengan daya yang cuma 30-60W. Hal ini seolah ujung mata solder dibuat dingin oleh ketebalan dan lebar logam tembaga. Coba anda perhatikan fungsi Heatsink pada final Power, pasti menggunakan peredam panas berupa logam almunium/ Tembaga. Oke, artikel ini mungkin akan berguna bagi Anda yang berprofesi sebagai tukang servis AC(Air Conditioning) pasti membutuhkan solder dengan kapasitas daya yang besar untuk menyambungkan pipa Tembaga AC. Saya pernah melakukan ini saat akan membuat antene dari bahan tembaga maka saya harus menggunakan Solder 450 W untuk menyolder atau menyambungkan Pipa tembaga.

Solder Listrik untuk Pipa Tembaga

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi hal ini saat kita menyolder pipa tembaga. Yang paling utama adalah peralatan Solder yang kita miliki harus dengan daya di atas 300W. Timah dengan diameter +/- 1mm yang didalamnya sudah terdapat pasta solder. Anda bisa menambahkan krim pasta ekternal bila diperlukan, namun saran saya jangan menggunakan pasta solder ini karena akan membuat pipa mudah korosi dan berjamur. namun bila anda tetap ingin menggunakannya ada baiknya mengelapnya dengan air setelah didapati hasil solderan yang sempurna.

Langkah dan cara menyolder

Berikut langkah-langkah dalam proses pematrian
  • Panaskan dahulu solder beberapa menit,
  • Pancing dengan timah ujung mata solder, timah harus bisa lengket di seluruh ujung mata solder (Soldering Tip)
  • Siapkan pipa yang akan kita solder. Masukkan ujung pipa yang lebih kecil diameter ukurannya ke pipa yang lebih lebar. Rapikan.
  • Panasi kedua pipa tembaga yang akan kita sambungkan dengan ujung mata solder.
  • Bila pipa sudah cukup panas sambil kita letakkan timah pada titik pertemuan penyolderan ini sampai benar-beenar menempel.
  • Putar arah pipa yang belum terkena patrian, tambahkan timah lagi bila masih kurang.
Baca artikel berikut tentang
- Cara Sederhana Menyedot Timah dari PCB - Menggunakan Atractor
- Menyolder Komponen Elektronik IC Micro Package Supaya Aman
- Komponen elektronik
Penutup
Setelah membaca rubrik ini maka saya mengharapkan anda semakin mahir dalam hal menyolder. Sampai jumpa pada artikel saya yang lainnya.
Terimakasih atas kunjungan anda.