--> ->
Jumat, 26 September 2014

Cara Sederhana Menyedot Timah dari PCB - Menggunakan Atractor

Belajar Eektronika Dasar dan Solder Listrik - Khusus bagi pemula dasar di bidang yang berhubungan dengan penyolderan komponen Elektronik. Rubrik ini merupakan bahasan tentang mengangkat atau menyedot timah yang terpatri pada komponen elektronik dengan cara yang sederhana dan juga menggunakan alat sedot timah berupa Atractor.

Cara Mencabut Komponen Elektronik dari Patrian Timah di PCB

Mungkin anda sedikit bingung bagaimana cara melepaskan timah dari PCB (Printed Circuit Board). Ada banyak cara untuk melepaskan komponen yang tertancap di jalur PCB. Kita bisa mulai dari cara yang sangat sederhana hingga memerlukan peralatan khusus. Untuk peralatan yang memiliki kaki 2 (dua)/ 3(tiga) buah kita masih bisa mencabutnya dengan bantuan tang jepit sambil melumerkan patrian timah di jalur PCB secara bersamaan/ serentak. Bisa juga dengan menggunakan obeng minus untuk mencongkel komponen sambil menyolder bagian timah di jalur PCB. Namun ini tidak bisa dilakukan dengan metode sederhana ini pada komponen berkaki banyak, misalkan IC. Kita bisa mencabut komponen IC (kaki IC) ini dengan cara menggunakan alat Penyedot Timah Solder (Tin Attractor Tool). Untuk melakukan trik ini butuh ketrampilan khusus serta anda harus memiliki solder dengan ujung mata yang bagus dan mengkilap (Soldering Tip) agar timah mudah mendapatkan titik leleh saat ujung Tip menyentuhnya. Apakah anda sudah cukup mahir untuk menyolder rapi dengan penggunaan timah yang tidak menggumpal pada alur PCB? Butuh latihan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang bagus.

#A. Cara Menyolder, Melepaskan/ Mencabut Komponen di PCB dengan Tanpa Attractor (Metode Sederhana)

Setelah anda meyakini apa yang rusak pada komponen di PCB, misalkan Resistor terlihat hangus maka anda bisa langsung mencabutnya dengan mematri KAKI komponen satu persatu sambil mengangkat BODY komponen dengan tang jepit. Komponen dengan bodi tegak, misalkan ELCO, kita bisa memegang dan mengangkat body Elco ini sambil mematri kakinya bersamaan. Bila sudah tercabut tentu masih ada gumpalan sisa timah di jalur PCB hingga menutupi Lubang Komponen di PCB. Bersihkan sisa timah yang masih menutupi lubang komponen dengan cara menyolder ulang titik penyolderan ini sambil mengelapnya dengan sikat atau kapas bud hingga lubang kembali terlihat jelas.
Cara Mengangkat/ Menyedot Timah dari PCB - Mencabut Kaki IC
Gambar bentuk Attractor

#B. Cara Solder dalam Melepaskan/ Mencabut Komponen di PCB dengan Attractor

Boleh dianggap ini kerja main-main karena cukup menyenangkan menggunakan peralatan ini. Caranya adalah pegang Attractor di tangan kiri dan Solder di tangan kanan lalu ikuti tahap ini;
  1. Temukan Titik Patrian yang ingin anda cabut kaki komponennya, fokuskan titik tersebut.
  2. Pompa/ tekan (Penekan Batangan Pompa) Attractor sampai terkunci (Lock) di Tombol Lock.
  3. Panasi/ solder Titik Patrian pada kaki komponen di jalur PCB.
  4. Hisap timah yang sudah mencair dengan ujung Lubang Penyedot Attractor sambil menekan Tombol Lock Attractor pas di kaki (kawat) komponen tersebut.
  5. Lakukan hal yang sama pada Titik Patrian kaki komponen berikutnya sampai semua kaki-kaki komponen itu telah bersih dari timah.
  6. Bila masih terdapat timah yang masih menyangkut di kaki komponen, lakukan lagi tahap di atas sampai terlihat bersih.
Urutan tahap 3 dan 4 harus dilakukan dengan cepat agar tidak merusak jalur PCB atau merusak IC (bila IC masih bagus).

Lihat gambar berikut
Cara Mengangkat/ Menyedot Timah dari PCB - Mencabut Kaki IC
Baca artikel berikut ini mungkin bermanfaat untuk anda
Penutup
Bagaimana, mudah bukan dalam Cara Sederhana Menyedot Timah dari PCB.
Oke sampai jumpa lagi di artikel saya mendatang.