--> ->
Minggu, 12 Oktober 2014

Teknik Dasar Elektronika dalam Menyolder Kabel Jack Guitar Listrik

Belajar Eektronika Dasar dan Solder Listrik - Sering saya menjumpai permasalahan yang dihadapi teman-teman musisi terutama para pemain Guitar Electric atau juga bass listrik. Saat mereka memainkan gitar listrik sering terjadi gangguan suara sering hilang-hilang (putus-putus). Permasalahan ini juga cukup menggangu saya tatkala saat itu saya sebagai mixing operator dalam menangani permainan musik mereka untuk acara gladi bersih tari kolosal dari sebuah sekolah. Musik pengiring untuk acara ini terdiri dari Drum, Bass, Lead Guitar, Rhythm Guitar, Keyboard dan berbagai macam peralatan percusi. Semua peralatan ini milik sekolah mereka baik itu Peralatam Drum Guitar dan juga speaker monitor, saya hanya menyediakan peralatan Main Sound system berupa Mixer 24CH, Speaker system, Snake kabel, Microphone dan peralatan pendukung lainnya. Saat mereka memainkan musik untuk musik pengiring tari kolosal ini sering terjadi suara putus-putus dari Guitar Electric. Pemainnya pun terlihat gelisah. Akhirnya saya bantu dia menggantikan kabel sinyal untuk guitarnya dengan kabel milik saya. Saya periksa kabel mereka dan ternyata solderannya (timahnya) terlepas. Jack untuk guitar listrik rata-rata menggunakan Jack TS (Phone Jack). Saya sudah pernah membahas ini sebelumnya. Kabel jack Guitar dan kabel jack keyboard bentuknya sama, cuma untuk keyboard umumnya terdiri dari 2 colokan kabel agar bunyinya stereo.

Cara Membuat dan Menyolder Kabel Jack Audio dengan Solder Listrik

Setelah acara selesai kami mengobrol dan mereka bertanya bagaimana cara membuat kabel koneksi untuk guitar listrik mereka, karena selama ini mereka membeli langsung pakai untuk jack kabel guitar listrik ini tanpa perlu dirakit dahulu. Menurut pendapat (saat berbicara pada mereka) bahwa kabel dan Jack guitar ini harus dengan kualitas bagus. Saya memberikan contoh kabel dari hasil rakitan saya pada mereka sambil membuka penutup Jack (connector) berikut kabel janis apa yang saya pakai. Semua jack dan kabel ini saya solder sendiri. Mereka mengatakan bahwa mereka pun ingin membuat dan menyolder kabel jack untuk guitar listrik mereka yang lain.

Satu lagi kendala saat acara tadi berlangsung yaitu Output (Pre Amp Out) dari Speaker monitor Guitar milik mereka ini kalau saya colok pada Pre Amp Out maka akan me-mute suara dari peralatan speaker monitor ini. Otomatis Guitar Player tidak bisa mengontrol/ mendengarkan permainannya. Maka untuk mengatasi masalah ini apa boleh buat saya menggunakan microphone tembak ke posisi speaker monitor Guitar untuk dikoneksikan ke mixing sound utama. Saya berpikir bahwa Speaker Monitor guitar mereka ini harus dibongkar atau dirubah sistim koneksi pada Pre Amp out  agar tidak MUTE bila ditancapkan jack. Menurut pendapat teman saya bahwa Speaker monitor tabung dari beberapa merek terkenal menggunakan Microphone khusus instrument yang ditembakkan langsung ke posisi speaker untuk mengkoneksikannya ke Mixer Utama

Permasalahan dalam menyolder Jack Guitar

Bila anda ingin membuat Jack kabel sinyal guitar ini anda harus bisa menyolder. Menyolder kabel dan jack audio ini agak lumayan susah bagi pemula. Tiada salahnya bila anda mau belajar sendiri cara menyolder kabel dan konektor ini. Saran saya, gunakan kabel dengan serat pembungkus (shielding) yang yang tebal dan rapat serta dilengkapi dengan benang di dalamnya. Anda dapat menggunakan kabel isi dua (Balance) atau bisa juga kabel isi tunggal (Unbalance) untuk membuat kabel sinyal guitar ini. Penggunaan kabel yang berkualitas tentu akan mengurangi suara noise(humming) pada sound system karena peng-groundingan pada kabel cukup bagus. Sementara untuk Connector (jack) TRS/ TS pun harus dengan kualitas yang bagus.

Macam-macam bentuk Jack TRS dan TS

Lihat uraian gambar 1 di bawah ini
Bagaimana Membuat Kabel Jack Guitar
Terdapat Kombinasi RCA ke Phone

Gambar 2
Bagaimana Membuat Kabel Jack Guitar
Ini merupakan gambar

Gambar 3
Bagaimana Membuat Kabel Jack Guitar
L TS Guitar Jack

Penyolderan dan Penyambungan Kabel dan Jack untuk Guitar Listrik

Berikut langkah penyolderannya
  • Siapkan Kabel dan Jack yang bagus kualitasnya. 
  • Panasi solder dengan daya 30 W, ujung mata solder harus bersih dari sisa kerak pasta timah dan plastik 
  • Buka penutup Jack, hapalkan posisi assesoris di dalamnya agar mudah memasangnya kembali, kemudian beri timah dan solder pada terminal penghubung yang ada di Jack. Beri timah sedikit saja!
  • Masukkan ujung kabel pada tutup plastik Jack. Awas jangan sampai lupa.
  • Tempatkan Jack ini pada Tang seperti tampak pada gambar di bawah ini, tang bisa diikat dengan karet agar Jack bisa berdiri tegap pada dudukan tang.
  • Kupas jaket (kulit) kabel Audio selebar 0.8 - 1 cm
  • Rapikan benang dan Serat Shielding, serat shielding dikumpulkan jadi satu lalu dipilin yang rapi.
  • Potong ujung Kabel berwarna Biru dan Putih (Merah dan Putih) dengan lebar kira-kira 1 mm. Untuk koneksi Unbalance (standar dipakai) anda bisa menghubungkan kabel isi dua terhubung bersamaan dengan terminal Hot (PIN) pada Connector Jack. 
  • Beri timah dan solder masing-masing ujung kabel berwarna tadi. Serat Shielding yang telah dipilin tadi juga ikut disolder.
  • Dekatkan ujung kabel berwarna biru dan putih (merah dan putih) pada terminal penghubung bagian tengah Jack (Pin/ Hot) yang telah diberi timah tadi lalu panasi dengan solder. Tidak usah menambahkan timah lagi. 
  • Dekatkan dan solder Serat Shielding pada Grounding (terminal penghubung Grounding) 
  • Tutup kembali Penutup Jack.
Lihat gambar 4 berikut;
Bagaimana Membuat Kabel Jack Guitar
Ini adalah gambar tentang penyolderan antar kaki dan kabel

Langkah kerja penyolderan

Gambar 5
Bagaimana Membuat Kabel Jack Guitar
Kupas ujung kabel +/- 1 cm

Gambar 6
Bagaimana Membuat Kabel Jack Guitar
Jepit dengan Tang. Tang ikat dengan karet

Gambar 7
Bagaimana Membuat Kabel Jack Guitar
Dekatkan ujung kabel lalu solder

Gambar 8
Bagaimana Membuat Kabel Jack Guitar
Hasil Solderan

Baca artikel berikut ini tentang
- Cara Mencabut dan Memasang Komponen Elektronik IC pada PCB dengan Solder Listrik
- Menyolder Komponen Elektronik IC Micro Package Supaya Aman
- Solder Listrik

Penutup
Dengan membaca artikel ini semoga anda bisa membuat dan menyolder kabel Jack Guitar listrik yang merupakan jumper kabel penghubung gitar listrik anda ke Sound system atau Amplifier anda. Terimakasih kunjungan anda.