--> ->
Selasa, 16 Juli 2013

Bagaimana Mendapatkan Hasil Solderan Mengkilap

Pengenalan Elektronika Dasar dan Solder Listrik

Bagi anda yang hobbi merakit komponen elektronik ini merupakan Pengenalan Elektronika Dasar untuk pemula yang berniat untuk belajar. Di sini saya ingin menceritakan pengalaman tentang dasar-dasar elektronika dan pengenalan komponen elektronik dan cara solder. Saat kita menyolder mungkin hasil yang didapat kurang bagus atau timah solder terlihat mentah di Printed Circuit Board (PCB). Kondisi ini mungkin karena kita belum tahu trik memegang solder listrik dan mengkombinasikan gerak antara meletakkan tiga posisi yaitu ujung paku solder, timah solder dan area atauu titik yang akan dipatri, dalam hal ini kawat komponen elektronik tersebut.
Kadang juga karena terlampau panas mengakibatkan rusaknya jalur PCB. Awas, menyolder terlalu panas (terlalu lama pada titik penyolderan) akan merusak komponen Elektronik seperti Transistor dan IC! Solder yang anda gunakan juga harus sesuai dengan kondisi ketebalan peralatan yang akan disolder, biasanya untuk komponen elektronik menggunakan daya 15-30 W. Untuk menyoder logam yang agak tebal seperti plat/ pipa tembaga memerlukan daya yang besar minimal 300 W.

Macam-macam solder listrik dan kegunaan

Berikut ini bermacam-macam solder listrik yang sering digunakan orang sat mematri pada PCB saat ini.

Solder Uap (solder Blower)

Di zaman sekarang penyolderan peralatan sudah menggunakan sistim uap panas (solder blower) dengan pengaturan temperatur dan tekanan angin dapat disesuaikan, penyolderan dengan sistem uap panas ini digunakan dalam perbaikan peralatan ponsel yang juga sudah pernah saya lakukan.

Solder Tembak

Solder tembak memiliki switch pemindah kapasitas daya. Kapasitas daya mempengaruhi kondisi panas solder. Biasanya terdiri dari 2 kapasitas daya, misalkan 20W dan 75W. Saat Off (tombol terlepas/tak ditekan) dalam kondisi 20 W dan saat ditekan dalam kondisi 75 W.

Harga Solder Blower

Harga solder uap bisa anda tanyakan pada toko yang menjual peralatan Elektronika. Fungsinya adalah untuk mencabut dan memasang kembali Chip IC RF Amplifier saat penggantian suku cadang peralatan yang rusak. Harga tergantung model dan ukuran

Mengenai Soldering Tip (mata solder)

Perlu diperhatikan agar hasil solderan anda bagus adalah ujung mata solder (paku solder) harus mengkilap atau timah bisa nempel di paku solder tersebut. Namun timah yang menempel di ujung paku timah jangan terlalu banyak, coba dilap dulu dengan kain/ spoon khusus untuk solderan. Saat menyolder tidak perlu menggunakan pasta khusus untuk penyolderan namun menggunakan pasta solder yang terdapat di timah solder saja (biasanya pabrik sudah melengkapi timah solderan ini dengan pasta pelekat). Untuk mendapatkan hasil yang rapi dan mengkilap gunakan diameter 0.5 mm untuk timah solderannya.

Kesimpulan cara menyolder

Jadi supaya hasil solderan anda bagus, rapi, mengkilap dan aman untuk peralatan elektronik yang anda solder adalah sebagai berikut:
  1. Gunakan daya yang cukup untuk menyolder peralatan Elektronik di PCB, umumnya 15-30W.
  2. Ujung mata paku harus bersih dan mengkilap. Bersihkan ujungnya dengan spoon khusus/kain.
  3. Gunakan timah solder yang sudah dilengkapi dengan pasta perekat di dalamnya, dengan ukuran diameter timah 0.5mm sampai 1mm.
  4. Tempelkan ujung timah solder pada kaki peralatan Elektronik yang akan anda solder lalu dekatkan ujung paku solder secara bersamaan, usahakan tidak terlalu penuh jumlah timah yang cair berada di titik solderan, secukupnya saja sehingga antara kaki dan jalur PCB sudah menempel rata atau cukup bulat.
  5. Biarkan dingin, dengan cara meniup atau dibiarkan saja.
  6. Bila timah yang beku terlihat terlalu penuh anda bisa menguranginya dengan menempelkan lagi ujung paku solder tanpa timah yang nantinya timah akan seperti tersedot ke ujung paku solder, tapi jangan terlalu panas.
  7. Perlu diingat komponen IC sangat riskan akan panas yang berlebihan, oleh sebab itu perlu latihan secara rutin sebelum anda menyolder komponen IC, coba dulu menyolder komponen seperti Electrolite Capacitor dan Resistor agar menempel bagus pada PCB.
Demikianlah semoga bermanfaat.
Bagaimana mendapatkan hasil solderan yang bagus dan mengkilap
Solder dan timah
Baca artikel berikut tentang
Terimakasih atas kunjungannya