--> ->
Minggu, 07 September 2014

Timah Solder Terbaik - Tips Menyolder Supaya Nempel

Belajar Eektronika Dasar dan Solder Listrik - Saya pernah menjumpai masalah ini saat saya mau membuat konektor Audio (jack canon) menggunakan kabel audio kualitas standar (murahan). Pada saat itu mungkin timah yang saya gunakan sangat banyak untuk menempelkan pada kawat kabel kualitas jelek. Kesal juga pada masalah ini. Mungkin bahan kawat pada kabel Audio itu menggunakan bahan campuran, bukan tembaga murni. Saya sudah mengikis helai kawat kabel tersebut namun tidak mau menempel juga.
Kadang saya sudah memotong kabel yang sudah dikelupas tadi dan mengerat ulang kabel tersebut lalu menyolder lagi, namun masih juga tak mau nempel. Hanya beberapa helai kabel saja timah yang menempel di kabel itu saat saya menyoldernya. Ada rasa kesal dan protes dalam hati pada pihak pabrik, kenapa kabel seperti ini masih saja dijual dan diproduksi. Tidak mungkin pada saat itu saya menggantikan kabel yang sudah terpasang antar ruang yang jauh dengan kabel yang bagus, disamping harus mengeluarkan dana lebih dan membuat capek untuk instalasi ulang, maka saya harus tetap menggunakan kabel tersebut.
Timah Solder Terbaik
Akhirnya saya punya ide agar timah solderan bisa menempel di kabel tersebut.

Gunakan Timah Solder Terbaik dalam Menghubungkan Komponen Elektronik

Timah Solder Terbaik - Dalam menghubungkan atau menyolder kabel maka kita harus menggunakan timah solder yang baik yang di dalamnya terdapat pasta perekat tanpa menimbulkan kerak. Berikut teknik cara menyolder kabel dengan timah solder supaya rapi.

Trik penyolderan kabel kualitas rendah

Berikut ini cara penyolderan pada kabel kualitas rendah yang saya lakukan;
  1. Kelupas kulit kabel, jangan dirapikan dulu (jangan dibulatkan dulu) dengan tangan.
  2. Cari Helai Kawat dari kabel tembaga kualitas bagus, timah bisa menempel padanya
  3. Potong sama panjang kawat kabel yang tidak nempel dengan helai kawat kabel yang berkualitas.
  4. Selipkan helai kawat Tembaga(bagus) pada helai kawat kabel yang jelek tersebut.
  5. Potong sesuai kondisi penyolderan, misalkan 3 atau 4 mm.
  6. Rapikan/ bulatkan helai-helai kawat tersebut dengan tangan.
  7. Solder dengan cara mendekatkan/ menempelkan timah, mata solder dan kawat yang sudah kita campur(buatkan) tadi secara bersamaan.
  8. Sebelumnya bersihkan dulu ujung mata solder agar licin, lalu lakukan hal tadi (no.7).
  9. Setelah timah solder bisa menempel di ujung kawat kabel yang kita buatkan tadi, artinya ujung kabel tersebut sudah bisa kita hubungkan ke Jack Audio yang akan kita solderkan.
Semoga anda mendapati hasil yang bagus.

B. Trik solder untuk kaki Komponen Elektronik

Untuk komponen elektronik yang masih utuh namun tersimpan lama akan mengakibatkan adanya korosi atau penjamuran di kaki komponen tersebut. Sebelum menyolder kaki komponen itu sebaiknya kikis dulu semua kaki komponen itu lalu lakukan tahap seperti pada nomor 7 trik di atas.

C. Trik solder untuk PCB usang

Kadang anda juga pernah menjumpai PCB tidak mau menempel saat menyolder pada titik solderan. Kikis Titik Solderan di PCB yang akan menjadi tempat solderan tersebut. Coba baca artikel berikut, mungkin bermanfaat.
Semoga bermanfaat setelah membaca artikel Tips Menyolder Supaya Nempel ini