--> ->
Kamis, 11 September 2014

Rahasia Supaya Hasil Solderan Menempel

Gunakan Timah Solder Terbaik dalam Kualitas

Ini merupakan trik bagaimana supaya menyolder gampang dan menempel pada sasaran solderan (kita sebut saja Titik Temu Penyolderan). Jangankan anda yang baru dalam hal menyolder atau bagi anda yang menyukai elektronika, namun saya yang sudah 20 tahunan yang juga bekerja dengan media solder pun kadang mendapati masalah yaitu timah solder tidak mau menempel pada sasaran penyolderan. Maklum saja bila saat itu saya menggunakan solder milik teman. Saya tahu rahasia dan kekurangan solder itu bahwa ujung mata solder atau Soldering Tip yang dipergunakan terbuat dari bahan yang kurang bagus. Dan yang membuat hasil solderan kurang licin dan menempel karena tidak menggunakan timah solder terbaik dalam segi produknya.
Soolder Listrik
Gambarnya lucu ya.

Apa Permasalahan saat Menyolder?

Kenapa ini bisa terjadi? Sederhana sekali. kualitas barang menentukan hasil yang maksimal. Solder yang berkualitas bagus tentu memiliki ujung mata solder atau soldering tip yang terbuat dari bahan yang berkualitas. Walau dalam kondisi panas namun ujung soldering tip akan terus mengkilat. Perlu diingat bahwa sebelum anda menyolder maka harus kita dapati ujung mata solder ini harus terlihat mengkilat, ini berguna saat kita mencairkan/ melelehkan timah maka akan langsung cair. Beda bila ujung paku solder ini tertutup oleh korosi dari sisa pasta timah yang bercampur debu dari udara dan panas yang berlebihan, maka timah akan sulit sekali untuk mendapatkan titik leleh yang terfokus dan sempurna. Jadi sebelum kita menyolder dan menghubungkan titik patrian maka kita harus membersihkan dahulu ujung soldering tip ini dengan spoon khusus yang tahan panas agar ujungnya bersih dan mengkilap. Kemudian bila perlu anda pancing ujung paku dengan timah solderan anda sebelum mematri.

Langkah-langkah Cara Penyolderan

Dari paragrap di atas dapat kita simpulkan langkah-langkah sebagai berikut
  1. Carilah solderan yang berkualitas dengan ujung soldering tip terbuat dari bahan yang bagus, Saya biasanya menggunakan solder Goot.
  2. Bersihkan ujung mata solder dengan spoon khusus, kadang saya menggunakan kertas tissu.
  3. Cairkan timah sebagai pancingan untuk mata solder, ini berguna agar saat bertemunya posisi patri antara timah dan media yang akan dipatri akan bisa terfokus dalam titik didih pencairan yang sempurna, cepat dan tepat sasaran.
  4. Sekarang anda sudah bisa menyolder titik temu peralatan yang akan disolder.

Namun ada sesuatu hal yang harus anda pahami tatkala anda menyolder Titik Temu Penyolderan komponen yang akan anda solder. Tehniknya adalah;
  • Fokuskan Titik Temu Solder peralatan anda.
  • Letakkan timah pada Titik Temu Penyolderan.
  • Letakkan ujung mata solder di Titik Temu tersebut.
  • Lepaskan timah dari Titik Temu penyolderan tersebut. Semakin lama kita meletakkan timah pada ujung mata solder maka akan semakin banyak juga timah yang melelah. Hasilnya terlihat gendut.
  • Lepaskan ujung solder dari titik temu penyolderan.
  • Letakkan solder pada holder solder yang terbuat dari besi dan terlihat seperti spiral.
Semoga mendapati hasil yang bagus.
Perhatian!
Perlu diingat, hati-hati terhadap jangkauan anak-anak.
Baca artikel berikut ini mungkin bermanfaat untuk anda
Terimakasih atas kunjungan anda.